Tuesday, January 8, 2008

Obama Masih Ungguli Hillary


NEW HAMPSHIRE, SELASA - Jajak pendapat terbaru dalam kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) mengindikasikan, Barack Obama, kandidat dari Partai Demokrat, kembali diunggulkan dalam Primary di New Hampshire, Selasa (8/1).

Jajak pendapat yang dilansir USA Today/Gallup, Senin (7/1), menyebutkan Obama unggul dua digit atas saingan utamanya, Hillary Clinton. Obama memimpin 41 persen sementara Hillary hanya bercokol pada 28 persen.


Sementara mantan senator North Carolina, John Edwards sebanyak 19 persen, disusul Gubernur New Mexico, Bill Richardson enam persen, dan kandidat lainnya hanya di bawah tiga persen.

Sementara dari kubu Partai Republik, John McCain meraih dukungan 34 persen mengungguli pesaingnya yang menang dalam pemilihan pendahuluan di Iowa, Mike Huckabee, yang hanya 13 persen. Sementara Mitt Romney meraih 30 persen.

Anggota DPR dari Texas Ron Paul dan mantan Wali Kota New York Rudy Giuliani masing-masing hanya meraih delapan persen dukungan. Sementara yang lainnya termasuk mantan senator dari Tennessee Fred Thompson, hanya di bawah tiga persen.

Seperti dilansir BBC, medan pertarungan utama sebenarnya adalah besarnya warga pemilih nonpartai yang bersikap independen.

Sementara itu, kendati Hillary berusaha pulih dari kekalahannya di Iowa, namun tantangan yang dihadapinya di New Hampshire kian berat dengan jajak pendapat tersebut. Sebelumnya, Hillary berada di posisi teratas di negara bagian ini, sehingga jika tak berhasil menang, dia akan dianggap gagal.

Dari jajak pendapat terakhir ini, Hillary diperkirakan akan kalah lagi dari Obama. Bila itu terjadi, kubu Hillary akan berada dalam posisi yang sangat lemah.




Sumber: BBC